Apakah Pengidap kista endometriosis bisa hamil?

Yang pertama perlu kamu lakukan saat ini jangan khawatir ketika telah didiagnosis mengidap kista endometriosis. Tapi dalam pikiranmu masih mengganjal tentang pertanyaan apakah pengidap kista endometriosis bisa hamil? Untuk mengetahui jawabannya kamu perlu membaca artikel berikut ini tentang kista endometriosis dan peluang untuk bisa hamil.

Table of Contents

Apa itu Kista Endometriosis?

Kista Endometriosis terjadi karena jaringan pada dinding rahim yang disebut endometrium bertumbuh dan menumpuk di organ lainnya pada rahim. Karena dalam kondisi normal jaringan dinding rahim akan menembal ketika tubuh mengalami ovulasi atau saat indung telur melepaskan telur.

Dinding rahim akan mempersiapkan diri untuk menebal karena nantinya akan melindungi calon janin yang menempel di rahim saat terjadinya pembuhan. Tetapi ketika terjadi pembuahan maka jaringan dinding rahim akan menebal secara menyeluruh dan kondisi ini terjadi saat kamu mengalami haid atau datang bulan.

Tetapi ketika kamu megidap kista endometriosis, maka jaringan pada dinding rahim akan bertumbuh di luar rahim secara menyeluruh ketika kamu mengalami menstruasi atau datang bulan. Tetapi jaringan ini tidak keluar melalui vagina pada saat kondisi normal. Sehingga sisa dari endometrium ini akan terendap di sekitar organ reproduksi wanita.

Ketika ini dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan banyak gangguan pada organ reproduksi wanita seperti jaringan parut, kista atau peradangan.

Lalu Apakah Pengidap kista endometriosis bisa hamil?

Walaupun kamu telah mengidap kista endometriosis pada sistem reproduksi, ini bukan berarti kamu tidak bisa hamil karena itu ibu jangan cemas. Ada penelitian yang dilakukan dari World Endometriosis Research Foundation yang mengatakan bahwa 1 dari 3 wanita yang mengidap kista endometriosis masih bisa hamil normal.

Scroll to top