Yang Perlu Diketahui Tentang Acara 4bulanan

Bagi pasangan yang telah menikah, kehamilan merupakan hal yang diidam-idamkan. Dengan kehadiran buah hati, hubungan diantara pasangan dapat terjalin semakin kuat. Kehadiran anak di tengah keluarga juga menunjukkan bahwa keluarga tersebut telah memiliki keturunan untuk yang kelak dapat meneruskan impian dan harapan para orang tua. Meskipun begitu, kehamilan tidak dapat dilakukan dengan mudah. Ibu hamil sering mengalami mual di awal kehamilan hingga mengalami perubahan pada fisiknya. Agar kehamilan dapat berjalan dengan baik, ibu hamil harus menjaga emosi dan kesehatan tubuhnya.

Table of Contents

Serangkaian Acara 4bulanan

Selama kehamilan, ada sebuah tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Tradisi 4bulanan menjadi tradisi yang hampir dilakukan oleh semua ibu hamil. Tradisi ini merupakan acara yang sakral karena pada usia kehamilan ini, Allah meniupkan roh pada cabang bayi. Agar proses kehamilan berjalan dengan mudah, tasyakuran 4bulanan sangat penting untuk dilakukan. Ada serangkaian acara yang dilakukan ketika acara 4bulanan. Untuk mengetahui acara empat bulanan tersebut, simak ulasannya di bawah ini:

1. Pembukaan yang dilakukan oleh suami

Suami mengucapkan rasa terima kasih kepada tamu yang hadir dan meminta doa agar kehamilan sang istri berjalan dengan baik dan lancar.

2. Pembacaan ayat suci Al Quran

3. Ceramah yang dilakukan oleh Ustad

Ustad akan memberikan ceramah yang berkaitan dengan mendidik dan merawat anak menurut Islam.

4. Pembacaan doa untuk bayi

5. Penutupan yang dilakukan oleh suami

Suami mengucapkan terima kasih atas lancarnya acara 4bulanan dan mempersilahkan para tamu untuk mengkonsumsi makanan yang telah disediakan.

6. Makan siang

Sama halnya dengan acara penting lainnya, masyarakat yang mengadakan acara 4bulanan akan menata dan menghias rumah agar tampil menarik. Ada banyak barang yang dapat dijadikan hiasan acara 4bulanan, salah satunya adalah bunga. Di Pontianak, menghias ruangan dengan bunga merupakan hal yang biasa. Bunga yang dijadikan hiasan rumah biasanya ditempatkan di sudut ruangan agar tidak memberikan gangguan pergerakan pemilik rumah dan para tamunya. Selain pemilik acara, para tamu juga memanfaatkan bunga sebagai ucapan selamat. Karangan bunga Pontianak dapat mewakili ucapan selamat para tamu kepada pemilik acara 4bulanan.

Bunga untuk Acara 4bulanan

Untuk acara 4bulanan, ada banyak bunga yang dapat digunakan. Agar penampilan ruangan nampak elegan, bunga berwarna putih menjadi jenis bunga yang tepat. Keberadaan bunga berwarna putih ada banyak jenisnya. Bunga tersebut ada yang mudah didapat dan ada pula yang sulir untuk didapatkan. Agar acara 4bulanan dapat terjadi tanpa penundaan, bunga yang mudah diperoleh lebih diutamakan.

Anyelir menjadi salah satu bunga berwarna putih yang cocok menghiasi acara 4bulanan. Bunga bias yang cukup populer ini mampu mempercantik ruangan dengan baik. Kelopak bunga yang bertumpuk-tumpuk membuatnya terlihat cantik dan mempesona. Bunga yang memiliki keberuntungan dan suci ini memiliki aroma yang kurang sedap.

Bunga berwarna putih lainnya yang cocok digunakan pada acara 4bulanan adalah bunga Dahlia. Bunga yang berasal dari Mexico ini masuk ke dalam golongan tanaman perdu berumbi. Warna cerah bunga Dahlia membuatnya lebih mempesona. Mahkota bunga yang bertumpuk membuatnya semakin terlihat mengagumkan. Bunga yang memiliki makna elegan ini hadir dengan ukuran yang besar dan kecil. Gerbera menjadi bunga putih lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai penghias acara 4bulanan. Bunga yang sangat mudah ditemui di toko bunga ini memiliki warna yang menarik dan bermakna kemurnian.

Scroll to top