Cara Pintar Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, menguasai bahasa Inggris merupakan suatu harapan bagi banyak orang. Bisa dikatakan mempelajari bahasa Inggris bagi mereka yang belum menguasainya adalah suatu keharusan. Mau tidak mau, Anda perlu memahami, paling tidak untuk percakapan yang ringan. Sebab, bahasa Inggris tentu akan digunakan dalam dunia kerja, pendidikan, bisnis, dan di segala lini kehidupan.

Di era yang serba instan dengan teknologi yang sudah memadai ini, belajar bahasa Inggris seharusnya bukan lagi menjadi suatu hal yang sulit. Apalagi, jika masih ada yang berpikir jika belajar bahasa Inggris menjadi beban. Sebab, kini sudah sangat banyak media dan cara mudah untuk membuat Anda menjadi pribadi yang pintar dalam berbahasa Inggris.

Tips cepat pintar berbahasa Inggris

Atur pengaturan bahasa Inggris pada Gadget

Cara pintar bahasa Inggris bisa dimulai dari cara yang sederhana, yaitu mengubah pengaturan menu pada gadget dengan bahasa Inggris. Dari sinilah Anda akan terbiasa dengan bahasa Inggris dan bisa menambah kosa kata dasar. Sebab, pembiasaan itu adalah pelajaran pertama yang bisa membawa Anda mudah mengerti ke pembelajaran lainnya.

Kuasai beberapa kosa kata dasar

Selain kosa kata dasar yang ada pada gadget Anda, pelajari juga kosa kata dasar yang sering digunakan untuk percakapan sehari-hari. Misalnya, kosa kata bahasa Inggris yang berkaitan dengan identitas diri Anda, karakter, hingga kebiasaan atau aktivitas keseharian. Dengan belajar dari lingkup yang terkecil seperti ini, maka tidak mustahil Anda bisa cepat pintar bahasa Inggris.

Melatih pendengaran dengan audio atau visual berbahasa Inggris

Cara melatihnya bukan hanya dengan mendengarkan orang melakukan percakapan saja. Melatih reading, listening, speaking, dan writing, bisa dimulai dari hal paling sederhana, seperti mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris, menonton film tanpa subtitle bahasa Indonesia atau menggunakan subtitle bahasa Inggris, menonton video di kanal Youtube berbahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

Zaman sekarang yang paling mudah dilakukan adalah memilih kanal-kanal video dengan konten berbahasa Inggris. Itulah yang paling mudah dilakuan. Kebiasaan mendengarkan kata-kata atau percakapan bahasa Inggris seperti ini akan membuat Anda cepat memahami makna dari sebuah kalimat atau percakapan dalam bahasa Inggris. Jika tidak paham, langsung saja Anda buka kamus.

Mengumpulkan dan membuat kamus vocab sendiri

Cara pintar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mengumpulkan dan membuat kamuc kosa kata sendiri. Memang kini sudah marak teknoologi translator, namun mendengarkan sambil menulis kembali kosa kata yang Anda dengar atau dapatkan adalah salah satu cara efektif untuk tetap mengingat hingga menguasai kosa kata tersebut.

Jangan takut salah berbicara dalam bahasa Inggris

Salah satu faktor penghambat orang sulit dalam mempelajari bahasa Inggris adalah rasa takut dan tidak percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris pada lawan bicara. Untuk mengatasi hal ini, cobalah berbocara pada ‘natice speaker’ atau orang asing yang ‘bahasa ibu’-nya adalah bahasa Inggris. Dijamin, Anda lebih percaya diri dibandingkan berbicara dengan lawan bicara sesama orang Indonesia.

Istilah ‘learning by doing’ yang biasa terpampang di buku pelajaran bahasa Inggris memang benar adanya. Latih terus kemampuan bahasa Inggris Anda dengan mempraktikkannya setiap hari, maka Anda akan cepat pintar, begtiu juga dengan bahasa asing lainnya. Jika ingin semakin cepat pintar dalam berbahasa IInggris, lakukanlah kursus bahasa inggris online.

Scroll to top