Cara Menanam Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang digunakan sebagai bumbu dapur. Umbi yang memiliki nama latin Allium sativum ini merupakan tanaman yang digunakan untuk bumbu berbagai olahan dan juga digunakan sebagai bahan pengobatan.

Jadi bawang putih itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu sebagai antibiotik secara alami. Bawang putih ini menjadi salah satu tanaman yang sangat mudah untuk ditanam. Jadi anda bisa juga mencoba untuk menanamnya di rumah.

Tahapan menanam bawang putih yang benar

Sebelum anda menanam bawang putih, terdapat beberapa cara menanam bawang putih yang harus anda perhatikan. Berikut ini penjelasannya :

  1. Menyiapkan bibit bawang putih yang terbaik untuk dibudidayakan
  2. Memilih waktu penanaman bawang putih yang tepat. Agar anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik silahkan menanam bawang putih pada musim kemarau.
  3. Menyiapkan media tanam
  4. Ketika media tanam sudah siap, saatnya untuk proses penanaman bawang putih
  5. Proses perawatan agar hasilnya bagus
  6. Siap untuk memanen bawang putih

Tahapan-tahapan tersebut memanglah sangat mudah dan sederhana. Namun anda perlu memperhatikan setiap langkahnya agar proses penanaman bawang putih bisa maksimal.

Tips Budidaya Bawang Putih

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips budidaya bawang putih dengan benar. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Menyiapkan media tanam

Apabila anda ingin menanam bawang putih, silahkan menyiapkan media tanam yang bagus. Tanah yang digunakan untuk menanam pastikah subur, gembur, dan mengandung bahan organik yang baik untuk pertumbuhan.

Pastikan menyiapkan sistem drainase yang bagus agar bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini sangat cocok ditanam pada dataran tinggi. Namun juga bisa ditanam sendiri di rumah, dengan memperhatikan sistem drainase.

  1. Memilih benih yang berkualitas

Langkah selanjutnya memilih bibit yang berkualitas untuk ditanam. Silahkan memilih benih yang besar dan masih segar. Agar hasilnya lebih baik anda bisa pilih benih yang lunak dan setiap siung akan menghasilkan tunas.

  1. Pengolahan lahan

Ketika anda sudah menyiapkan benih bawang putih yang siap ditanam maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengolahan lahan sebagai media tanam.

Silahkan membersihkan lahan dari sisa tanaman yang mengganggu. Agar lebih maksimal lakukan pembajakan tanah dan dilakukan 3 kali seminggu.

  1. Penanaman bawang putih

Ketika lahan sudah siap maka anda bisa melakukan penanaman bawang putih. Silahkan benamkan bibit ke dalam tanah sekitar 2,5 cm  dan ujungnya ada di permukaan tanah. Silahkan siram dengan air secukupnya agar bibit bisa adaptasi dengan media tanam.

  1. Proses perawatan dan pemeliharaan bawang putih

Ketika sudah proses penanaman maka jangan lupa untuk melakukan proses pemeliharaan dan perawatan. Hal ini bertujuan agar tanaman bawang putih bisa tumbuh subur dan hasil panennya bisa maksimal.

Anda bisa melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang. Selain itu anda juga bisa menambahkan pupuk kimia untuk meningkatkan kualitas bawang putih yang dipanen.

Kalau anda tanam bawang putih di musim kemarau anda bisa memberikan mulsa plastik. Semua itu bertujuan agar kelembaban tanah tetap terjaga. jangan lupa untuk pengairan air setiap 2 atau 3 hari sekali.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara menanam bawang putih yang tepat. Sejatinya bawang putih merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan anda bisa mencoba untuk menanamnya. Semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas bisa membuat bawang putih tumbuh dengan baik dan dipanen secara maksimal.

Scroll to top