Berapa Ukuran Kertas A4 dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

Sebagian besar orang tentu sudah tidak asing dengan kertas A4, terutama mereka yang bekerja di perkantoran atau pendidikan. Ukuran kertas A4 memang sering digunakan untuk berbagai keperluan kantor dan kampus, baik itu penulisan laporan, skripsi, dan lain-lain. Untuk itu, yuk intip fakta menarik seputar kertas A4 dan penggunaannya untuk apa saja pada ulasan berikut!

Table of Contents

Mengenal Kertas A4 dan Ukurannya

Secara umum, jenis kertas dibagi menjadi ukuran A, B, dan F. Masing-masing ukuran tersebut juga masih terbagi lagi menjadi beberapa ukuran dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di antara sekian banyak ukuran kertas, kertas A4 adalah ukuran kertas yang paling sering digunakan. Anda akan sangat mudah menemukan ukuran kertas ini di tempat fotocopy atau print.

Penggunaannya yang sangat luas tentu karena kertas ini memiliki beragam fungsi yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan. Beberapa keperluan di kantor, dunia pendidikan, dan lingkungan sekitar menggunakan ukuran kertas ini. Tidak heran jika kertas A4 adalah jenis kertas yang paling banyak dijumpai dan paling mudah diperoleh.

Sesuai dengan standar ISO, ukuran kertas A4 yang banyak beredar di pasaran adalah 21 x 29,7 cm atau 8,27 x 11,69 inci. Kertas ini juga hadir dengan gramasi yang berbeda, ada yang 60 GSM atau 60 gram, 70 GSM, dan 80 GSM. Umumnya, gramasi yang sering digunakan untuk keperluan standar adalah 70 GSM. Sementara itu, 80 GSM biasanya untuk skripsi atau laporan.

Jenis dan Warna Kertas A4

Di pasaran, anda akan menemui 2 jenis kertas A4, yaitu kertas buram yang berwarna abu-abu dan kertas HVS yang berwarna putih. Saat ini, penggunaan kertas buram sudah sangat jarang dan umumnya digunakan untuk coret-coret. Untuk kebutuhan print atau fotocopy saat ini sudah menggunakan kertas HVS yang lebih berat dan lebih jernih warnanya.

Selain memiliki warna putih, ternyata kertas A4 juga hadir dengan beberapa macam warna. Ada warna kuning, hijau, biru, dan merah serta umumnya kertas A4 HVS yang berwarna ini dijual dengan harga yang lebih murah. Kertas A4 berwarna biasanya digunakan untuk pembatas makalah atau digunakan untuk membuat tugas kliping.

Penggunaan Kertas A4

Melansir dari daridesignstudio.com, kertas A4 memang paling sering digunakan dan paling mudah dijumpai. Untuk perkantoran, kertas A4 digunakan untuk segala jenis kebutuhan cetak perkantoran karena ukurannya pas untuk segala jenis mesin printer. Ukurannya juga mudah untuk dimasukkan ke dalam map, sehingga sering digunakan untuk surat, memo, laporan, dan lain-lain.

Anda tentu juga sering menemukan kertas A4 di tempat fotocopy, bukan? Kertas ini memang sering digunakan untuk bisnis fotocopy karena karakternya yang cocok untuk segala jenis mesin fotocopy. Selain itu, kertas A4 juga biasa dijual secara lembaran apabila ada konsumen yang membutuhkan kertas lembaran.

Fungsi lain dari kertas A4 adalah digunakan untuk kegiatan menulis, baik itu oleh pelajar, mahasiswa, maupun guru. Ukurannya memang dirancang pas untuk menulis tugas atau apa pun, sehingga banyak digunakan di dunia pendidikan. Selain itu, beberapa pengarang dan penulis buku juga sering menggunakan kertas ini untuk mencetak hasil tulisan mereka, baik softcopy maupun hardcopy.

Kertas A4 memang paling sering anda jumpai di tempat fotocopy, sekolah, maupun kantor. Sebab, kertas ini memang paling pas untuk kegiatan seperti itu, baik itu menulis, laporan, atau tugas lainnya. Tidak heran jika kertas ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Scroll to top