Bagaimana sih cara mengaktifkan wifi di laptop dan komputer yang tidak konek? Jika kamu pernah mengalami laptop yang tidak bisa konek ke WiFi, padahal laptop orang lain bisa dengan mudahnya tersambung ke WiFi. Tentu hal ini akan membuat kita kesal.

Oleh karena itu kali ini akan kami berikan cara mengaktifkan WiFi di laptop yang tidak konek.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek WiFi

Yang pertama kali kamu harus lakukan adalah periksa jaringan WiFi yang terdapat pada notification area Icons yang ada di pojok kanan bawah.

Jika pada ikon seru dengan warna kuning, maka laptop kamu tidak terhubung dengan WiFi. Agar kamu bisa memperbaikinya, maka bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  •         Kamu klik tombol start – lalu control panel. Setelah itu pilih Network and Internet dan klik Network and Sharing Center. Setelah itu pilih Change adapter setting.
  •         Berikutnya pada jendela Network connection, klik kanan yang ada pada wireless Connection lalu kita pilih Properties.
  •         Selanjutnya pada jendela Local area connection properties kamu bisa memilih Internet Protocol Version 4. melakukan double klik pada tulisan tersebut.
  •         Setelah itu kan muncul jendela internet protocol version 4 properties. Berikutnya kita klik menu “obtain an IP address automatically” dan “obtain DNS server address automatically” setelah itu baru kita klik OK.
  •         Apabila kita sudah melewati langkah-langkah diatas maka kita harus menunggu prosesnya selama beberapa menit. Melakukan cek pada notification area. Kita lihat apakah tanda seru warna kuning sudah hilang apakah masih. Dan jika tanda tersebut sudah tidak terlihat maka kita sudah bisa terhubung dengan internet.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek WiFi “Limited Acces”

Apabila muncul tulisan Limited Acces pada jaringan WiFi maka kemungkinan terjadi karena beberapa hal sebagai berikut :

  •         Masa berlaku IP address yang didapat secara otomatis dari acces point sudah habis.
  •         Posisi laptop yang kita gunakan berada terlalu jauh dengan lokasi acces point. Hal ini yang menyebabkan laptop susah untuk menerima sinyal WiFi.
  •         Selain itu bisa juga karena banyaknya cache data WiFi yang terdpat pada laptop yang digunakan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya bug pada penerima sinyal wifi Perangkat yang digunakan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan diatas maka kamu harus melakukan langkah-langkah dibawah ini :

  1.       Yang pertama yaitu kita masuk start menu lalu pilih control panel.
  2.       Setelah itu akan muncul jendela control panel. Kita pilih Network and Internet kemudian klik Network and sharing center. Lalu kita bisa pilih basic network information and set up connections.
  3.       Berikutnya pada jendela Manage Wireless network ada beberapa tampilan cache dan WiFi yang sudah pernah kita pakai. Kita bisa menghapus cache tersebut. Caranya sangat mudah, hanya memilih salah satu cache dan untuk menghapusnya kita bisa klik remove.
  4.       Apabila masih ada cache yang tersisa maka kamu bisa melakukan cara seperti  diatas.

Selain menggunakan cara diatas, kita juga bisa memperbaiki tampilannya dengan melalui command prompt. Caranya adalah ;

  •         Klik start menu-command prompt kemudian kita klik aplikasi tersebut selain itu kita juga bsia membukanya melalui CTRL + R dan masukkan kata cmd. Kemudian kita tulis Netsh winsock reset catalog setelah jendela cmd muncul
  •         Berikutnya yaitu tuliskan netsch.inv ipv4 rseset.log. Kemudian tekan enter. Tunggulah sebentar sampai kita selesai restart agar laptop bisa terhubung kembali.
Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop yang Tidak Konek
Scroll to top