Banyak anak muda saat ini yang namanya melejit akibat eksis di jaringan sosial. Instagram dan Youtube merupakan platform media sosial yang memberikan peluang bagi penggunanya untuk menjadi terkenal. Selain kedua platform media sosial tersebut, TikTok merupakan platform video musik dan jaringan sosial asal Tiongkok dimana pengguna memiliki kebebasan untuk menciptakan video musik berdurasi pendek. Media sosial yang diperkenalkan sejak tahun 2016 ini tidak hanya menyita perhatian masyarakat umum tetapi juga pesohor dunia.

Table of Contents

Cara Edit Video di TikTok Tanpa Menggunakan Aplikasi

Untuk membuat video TikTok yang menarik, pengguna perlu melakukan pengeditan di beberapa sisi. Jika dilihat dengan lebih mendalam, TikTok telah dilengkapi dengan fitur bawaan yang dapat digunakan untuk melakukan pengeditan. Proses editan video kelak dapat langsung diunggah pada akun TikTok yang dimiliki. Karena tanpa menggunakan aplikasi, pengguna Tik Tok tidak perlu melakukan unduhan aplikasi tertentu hanya untuk menciptakan video TikTok yang menarik.

Karena tanpa menggunakan aplikasi, pengguna media sosial TikTok dapat menambahkan soundtrack, filter efek dan beberapa fitur lainnya. Untuk mengetahui akan proses edir video TikTok, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Mengatur kecepatan video

Video yang nantinya akan pemilik unggah dapat diedit kecepatan videonya. Prosesnya adalah dengan menyentuh ikon berbentuk jarum jam yang berada di sisi kanan bawah layar. Kecepatan yang dapat dipilih adalah 0,5x, sekali dan 2 kali. Jika kecepatan video telah dilakukan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengklik tombol “Next”.

  1. Menambah text

Untuk menambahkan text, pengguna dapat memilih “Text” berdasarkan dengan tema yang akan dibuat. Ada warna dan front menarik yang dapat dipilih oleh pengguna.

  1. Menambahkan musik

Menambahkan musik dilakukan dengan memilih ikon “sounds” yang berada di soso kiri bawah layar. Durasi musik yang dapat disuguhkan selama 15 hingga 60 detik.

  1. Menambah filter

Agar tampilan video TikTok terlihat lebih menarik, menambahkan filter merupakan hal yang umum dilakukan oleh pengguna TikTok. Pengguna cukup mengklik “effects” dan pilih filter yang diinginkan. Efek yang berbeda dapat diberikan pada setiap bagian video yang dibuat.

Aplikasi Video TikTok untuk Pengeditan

Kebiasan download video TikTok merupakan hal yang wajar dilakukan bagi pengguna TikTok yang tertarik akan video tertentu. Ketertarikan mereka dapat berupa sajian video yang nampak berbeda sehingga dapat meniru dan melakukan pengeditan atas video yang mereka miliki sendiri. Selain melakukan video dengan menggunakan fitur bawaan, proses pengeditan video juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

Capcut menjadi aplikasi populer yang banyak digunakan untuk mengedit video TikTok. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur cut, pengatur kecepatan video dan reverse. Efek video dan filter yang dimilikinya mampu membuat video terlihat keren. Capcut juga dapat menciptakan video dengan kualitas HD. Aplikasi ini juga menyediakan fitur magic effect yang membuat video terlihat menarik.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk edit video TikTok lainnya adalah Funimate. Efek unik yang dihadirkan oleh aplikasi ini membuat video nampak lebih kekinian. Fitur unggulan yang ada pada aplikasi berupa efek audio dan stiker custom sehingga layar video tidak terlihat polos dan menjemukan. Funimate menawarkan daily challenge dimana pemilik akun dapat menjadi terkenal dan eksis di media sosial TikTok. Dengan kelebihannya tersebut, banyak pengguna TikTok yang mengandalkan Funimate dalam melakukan pengeditan video.

 

Cara Edit Video di TikTok Dengan dan Tanpa Aplikasi
Scroll to top