Anda pernah menonton video tutorial yang menunjukkan konten mengenai cara melakukan sesuatu di sebuah komputer atau pc. Video tersebut merekam aktivitas yang sedang berlangsung saat user membuka aplikasi hingga berhasil melakukan tugasnya. Istilah untuk kegiatan ini disebut screen recording atau merekam layar. Secara umum, Anda dapat melakukan hal tersebut di mayoritas pc dan laptop berbasis laptop. Untuk keperluan tersebut, Anda memakai aplikasi perekam layar pc.

Table of Contents

Daftar Aplikasi Perekam Layar Di Pc

Software atau aplikasi untuk merekam layar di pc sangat banyak dan mayoritas memiliki fitur yang mirip. Beberapa pilihan software tersebut adalah sebagai berikut.

Tinytake

Anda dapat merekam layar dengan berbagai ukuran di aplikasi tinytake. Setelah install aplikasi, proses rekaman segera dimulai dan beberapa menu akan tampak untuk panduan. Pengguna perlu menyesuaikan posisi dan area bahkan mengambil secara penuh satu display. Aplikasi ini juga mempunyai fitur tambahan lain termasuk rekam suara.

Obs studio

Obs studio merupakan software untuk merekam layar di pc yang sedang populer. Penggunaannya tidak sebatas untuk rekam konten biasa. Para kreator dan gamer menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan live streaming. Saat sedang bermain game, user merekam aktivitas dan melakukan transmisi data otomatis.

Sharex

Aplikasi selanjutnya adalah sharex yang juga memiliki fitur rekam layar. Anda tidak perlu ragu saat memakai aplikasi ini di windows 7. Sistem operasi tersebut masuk di persyaratan minimal agar aplikasi dapat berfungsi dengan sempurna. Fitur lain yang juga tersedia adalah merekam dengan jangka waktu tertentu serta tambahan fitur suara.

Xsplit gamecaster

Beberapa tahun lalu, gamer menggunakan screen recording untuk tujuan merekam aktivitas gaming sebagai sumber analisis. Sekarang, konten berisi game justru menarik untuk di share. Bgai yang masih memakai windows 7, aplikasi xsplit gamecaster adalah pilihan terbaik untuk merekam aktivitas selama sesi gaming. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk membuat video tutorial.

Wm capture

Wm capture juga termasuk salah satu pilihan software saat ingin merekam layar dari laptop. Anda dapat install langsung di windows 7 dan tidak akan muncul kendala. Selain itu, aplikasi ini juga lumayan ringan dan mempunyai fitur yang cukup lengkap terutama versi basic.

Camtasia

Nama camtasia bukan hal asing lagi di bidang video editing. Aplikasi ini juga ringan dan mudah dipakai karena tampilan serta fitur intuitif. Developer sengaja membuat camtasia agar memiliki fitur yang memang benar dipakai saat proses rekaman layar.

Movavi

Movavi merupakan software yang berguna untuk video editing. Pihak developer lalu menambahkan fitur rekam layar. Anda dapat memilih aplikasi yang memang khusus untuk tujuan tersebut atau versi lengkap disertai video editor.

Camstudio

Cara lain merekam layar di pc dan laptop windows 7 adalah memakai camstudio. Ini merupakan aplikasi yang praktis dan mudah dipakai. User juga dapat menentukan resolusi dan ukuran video. Selain itu, konten yang baru saja direkam akan tersimpan otomatis di format yang dapat dijalankan pada video player.

Bandicam

Salah satu aplikasi yang terkenal untuk merekam layar adalah bandicam. Anda mungkin telah memakainya sejak awal windows 7. Developer memastikan bahwa fitur dan fungsi lebih optimal dan sederhana. User cukup mengikuti petunjuk yang tersedia jika masih bingung bagaimana merekam layar yang baik. Tentu saja, interface aplikasi ini sudah dibuat agar user friendly.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 7 Dengan Bantuan Aplikasi
Scroll to top