Anda memiliki printer epson l120 untuk mencetak dokumen dan lainnya. Setelah beberapa kali dipakai, printer tersebut tidak mampu melakukan tugasnya karena error. Lampu indikator berkedip lalu muncul keterangan terkait tinta dan service. Anda tidak lagi mampu mencetak dokumen secara otomatis. Kondisi ini perlu diselesaikan dengan cepat agar printer tersebut dapat berfungsi dengan baik. Cara paling mudah adalah reset yang terdiri dari manual dan dengan bantuan aplikasi.

Sebelum lanjut mengenai cara reset, hal penting yang perlu diketahui adalah mengapa error tersebut terjadi. Jika setiap eror harus reset, Anda akan menghabiskan waktu dan tidak menyelesaikan masalah. Secara umum, tinta di sebuah printer harus selalu tersedia agar proses cetak berlangsung. Pemilik printer perlu cek berkala untuk memastikan kondisi tinta mencukupi. Selain itu, cek juga cartridge dan bagian roller. Anda periksa satu per satu untuk memastikan tidak ada bagian yang salah. Error kadang terjadi ketika kertas terselip dan sebagainya. Periksa ulang bagian usb dan kabel setelah itu sambungkan ke komputer dan listrik.

Reset Printer Dengan Cara Manual

Reset manual printer l120 sangat mudah. Simak prosedurnya dibawah in.

  1. Pastikan pinter tersambung ke listrik dan muncul indikator error
  2. Tekan tombol power sekitar 5 detik untuk reset dan tunggu beberapa saat
  3. Teka tombol resume selama 3 detik
  4. Anda kombinasikan dua tombol tersebut dengan melakukan hal yang sama
  5. Printer akan menyesuaikan sistem

Tujuan dari menekan tombol power adalah reset otomatis. Pada umumnya, printer yang bermasalah akan kembali ke setting normal sebelum printer dipakai. Dengan menekan tombol power, Anda seolah memaksa untuk on dan off beberapa kali. Tombol resume sering dipakai saat sedang cetak dokumen tetapi kertas habis. Mayoritas error terjadi karena salah printing atau memang tidak dapat resume. Jadi, Anda ikuti prosedur reset manual minimal tiga kali.

Reset Printer Dengan Epson Adjustment Program

Jika reset manual tidak berfungsi, cara lain adalah menggunakan epson adjustment program. Ini adalah aplikasi khusus dari produsen yang berguna untuk reset. Anda bisa menggunakannya di beberapa printer. Cara melakukan reset adalah sebagai berikut.

  1. Unduh dan install aplikasi tersebut
  2. Buka dan pilih tipe printer yaitu epson l120
  3. Pilih lagi particular adjustment lalu select waste ink
  4. Centang main pad
  5. Tekan initialize dan proses reset segera berlangsung

Reset dengan software perlu dua atau tiga kali dengan proses yang sama. Sistem akan melakukan reset secara keseluruhan. Selanjutnya, Anda mengikuti perintah yang muncul setelah proses selesai. Pada umumnya, user wajib mematikan dan menyalakan kembali printer tersebut untuk memastikan indikator error tidak menyala. Aplikasi ini juga kompatibel untuk reset varian dan tipe printer buatan epson yang lain. Selama versi yang dipakai ada di daftar, Anda dapat melakukan reset kapan saja.

Anda mungkin bertanya mengenai reset di printer lain. Secara umum, masing-masing produsen memiliki sistem berbeda. Akan tetapi, reset manual selalu menjadi pilihan karena mudah diterapkan pada hampir semua merk printer. Tip lain untuk membantu agar proses reset berjalan lancar adalah melakukan update driver. Anda perlu memakai driver yang kompatibel dengan platform yang dipakai. Misalnya, printer berasal dari hp maka Anda segera menuju situs resmi lalu cari bagian driver. Biasanya, support seperti ini menyesuaikan dengan bahasa dan lokasi. Contohnya adalah hp drucker treiber yang dipakai pengguna di eropa.

Cara Reset Printer Epson L120 yang Benar
Scroll to top