Hari kiamat atau hari akhir adalah hari yang pasti terjadi. Itulah yang harus diimani oleh umat muslim selain beriman kepada Allah, beriman kepada malaikat, beriman kepada rasul, beriman kepada kitab-kitab Allah, dan beriman kepada qada dan qadar.

Kapan datangnya hari akhir hanya Allah SWT saja yang tahu. Manusia bahkan Rasulullah SAW pun tidak tahu kapan datangnya hari akhir yang membawa kehancuran kepada alam semesta. Namun, Allah telah memberikan gambaran tentang betapa dahsyatnya hari akhir melalui ayat-ayat Al-Qur’an.

Dari ayat-ayat Al-Qur’an itulah manusia dapat mengetahui sedikit tentang hari akhir. Namun, mengetahui tidak sama dengan mengimani. Mengimani hari akhir berarti percaya bahwa hari akhir itu memang akan terjadi. Berikut hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat diperoleh:

  1. Meningkatkan ketakwaan dan selalu beramal saleh

Orang yang beriman kepada hari akhir tahu bahwa kelak seluruh manusia akan dikumpulkan bersama untuk menghadap Allah SWT. Oleh karena itulah dia akan terus berusaha untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah.

Dia juga akan selalu beramal saleh untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi hari akhir. Orang-orang seperti inilah yang disebut orang beriman dan akan menerima kabar gembira di hari akhir.

  1. Menjaga perilaku

Saat hari akhir atau hari kiamat tiba, seluruh manusia akan dikumpulkan dan dihitung amalnya. Oleh karena itulah orang-orang yang mengimani hari akhir akan menjaga perilaku mereka agar selalu bersikap baik dan benar.

Dia tahu bahwa amal dan perbuatannya tidak akan luput dari perhatian Allah SWT. Semua itu akan ditimbang di hari akhir untuk menentukan nasibnya kelak apakah akan menjadi penghuni surga atau neraka.

  1. Bersedia untuk berjihad di jalan Allah

Beriman kepada hari akhir dapat diwujudkan dengan jihad. Namun, jihad yang dimaksud tidak terbatas pada kerelaan dalam berperang membela Islam, tetapi juga dapat dilakukan dengan cara lain.

Ini karena makna jihad yang sesungguhnya mencakup seluruh perbuatan yang dilakukan untuk memperjuangkan kebaikan. Oleh karena itulah berjuang melalui dakwah, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya juga termasuk jihad.

  1. Selalu sabar

Orang yang beriman kepada hari akhir akan selalu sabar dalam menghadapi segala cobaan, serta selalu sabar dalam melakukan kebaikan apa pun. Dia mengerti bahwa kabar gembira kelak akan diberikan kepada orang-orang yang sabar.

  1. Tidak meniru orang yang tidak beriman

Orang yang benar-benar beriman kepada hari akhir akan hidup dengan hati-hati sehingga tidak akan meniru orang-orang yang tidak beriman termasuk dari segi gaya hidup.

Ini karena gaya hidup orang yang tidak beriman biasanya penuh dengan kebebasan bahkan cenderung sekuler atau lebih fokus pada hal-hal yang sifatnya duniawi.

  1. Tidak kikir dalam berinfak

Berinfak adalah salah satu perilaku terpuji yang akan membuat seseorang mendapatkan pahala berlipat dari Allah SWT. Oleh karena itulah salah satu hikmah beriman kepada hari akhir adalah tidak akan kikir dalam berinfak, justru semakin memperbanyak amal karena mengerti bahwa semua itu akan menjadi bekal untuk menghadapi hari akhir.

Iman kepada hari akhir dan hikmahnya dapat diperoleh dari pendidikan agama islam. Dengan mengkaji tentang rukun iman serta hikmah-hikmah yang dapat diperoleh, seseorang dapat belajar lebih jauh tentang Islam yang dapat membawa kebaikan dan keselamatan dalam hidup manusia.

pendidikan agama islam juga dapat menjadi sarana untuk menambah pengetahuan tentang Islam.

 

Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
Scroll to top