Kita semua tentu sudah mengenal daun sirih. Biasanya daun ini digunakan oleh orang-orang tua zaman dahulu untuk dikunyah bersama dengan pinang dan beberapa bahan lainnya. Nah ternyata daun sirih memiliki beberapa manfaat lain loh, yakni sebagai berikut.

  1. Mengobati Diare

Manfaat daun sirih yang pertama adalah untuk mengobati diare. Hal ini karena kandungan sterol pada daun sirih sangat ampuh untuk melawan banyak jenis mikroba. Di antaranya adalah bakteri E. Coli yang menjadi penyebab diare. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih kemudian meminum air rebusannya.

  1. Mampu Menyehatkan Jantung

Jika Anda perhatikan, daun sirih memiliki bentuk yang seperti simbol hati atau cinta. Bentuk daun seperti ini memang berkaitan dengan fungsinya yang baik untuk jantung. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa daun sirih mampu menguatkan jantung juga membantu mencegah tekanan darah tinggi serta irama jantung yang tidak teratur.

  1. Sebagai Obat Luka Lambung

Air rebusan daun sirih atau sekadar menyiram daun sirih dengan air panas ternyata mengandung lendir yang bermanfaat untuk melapisi lambung. Air daun sirih tersebut bermanfaat untuk melindungi dinding lambung agar tidak rentan terluka bagi orang yang mengalami kenaikan asam lambung ataupun karena hal-hal yang lain.

Daun sirih memiliki manfaat yang dapat kita gunakan apabila kita mengalami salah satu hal di atas. Selain itu, secara rutin mengunyah daun sirih juga dapat menguatkan gigi dan menyehatkan mulut.

Inilah 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh Kita
Scroll to top