Selat Solo adalah salah satu kuliner khas Solo yang unik. Makanan ini disebut juga dengan bistik Jawa yang diadaptasi dari steak daging asal Belanda. Nama selat muncul karena hidangan ini menggunakan tambahan sayuran yang membuatnya mirip salad, sehingga kuliner ini disebut dengan selat Solo.

Resep Selat Solo

  1. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat 6 porsi selat Solo adalah 800 gram daging sapi has dalam, 100 mililiter kecap manis, 3 tomat yang dipotong-potong, 2 sendok makan margarin, 1 liter air, 1 bawang bombay yang diiris memanjang, dan 1 sendok makan air asam Jawa.

Untuk bumbu halusnya dibutuhkan 10 siung bawang putih, ½ sendok teh cengkeh bubuk, ½ sendok teh pala bubuk, ¼ sendok teh kayu manis bubuk, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh merica putih bubuk. Semua bahan ini kemudian dihaluskan hingga membentuk bumbu halus.

  1. Cara Membuat

Langkah pertama adalah iris tipis daging sapi dengan ketebalan sekitar 1,5 cm. Tumis bawang bombay dan bumbu halus menggunakan margarin secukupnya, lalu aduk hingga berubah warna. Tambahkan air, kecap, dan air asam Jawa lalu tunggu hingga mendidih. Masukkan tomat dan daging lalu masak hingga empuk. Sajikan dengan tambahan sayuran.

Selat Solo bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati steak dengan kearifan lokal yang tentunya memiliki cita rasa lezat. Anda pun bisa membuat sendiri hidangan ini untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Bahan dan cara membuatnya cukup mudah dan bisa menghasilkan porsi lebih banyak.

Resep Selat Solo, Kuliner Khas Solo yang Nikmat
Scroll to top