Makanan yang berasal dari Minangkabau ini cara memasaknya simpel hanya dengan menumis cabai dan telur hingga bumbu meresap. Rasa telur menjadi lebih nikmat karena bumbu sambal baladonya yang meresap hingga kedalam.

Saat pertama kali menyantap telur balado maka kita akan merasakan sensasi pedas manis yang lezat. Dan ternyata cara membuat telur balado ini bisa juga dipraktekkan di rumah. Simak yuuk cara membuat telur balado yang anti ribet dibawah ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan :

Bahan untuk membuat bumbu balado :

  • 10 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula
  • 4 buah tomat

2. Rebus telur terlebih dahulu sebelum kita goreng

Sebelum telur digoreng, kita rebus terlebih dahulu telur tersebut. Masukkan telur pada air yang sudah mendidih, rebus hingga matang. Agar telur menjadi lebih mudah dikupas, maka setelah matang telur dimasukkan ke dalam air dingin. Setelah itu kupas telur sampai bersih.

Berikutnya yaitu panaskan minyak untuk deep frying. Goreng telur selama kurang lebih satu menit, angkat dan tiriskan.

3. Haluskan bahan-bahan untuk membuat bumbu balado

Kita bisa menghaluskan bumbu-bumbu balado diatas dengan menggunakan food processor atau blender. Bisa juga menghaluskannya dengan menggunakan cobek. Haluskan bumbu balado sampai benar-benar halus selama 5 menit.

Oh ya , saat kamu akan menghaluskan bahan-bahan ini sebaiknya juga menggunakan cobek untuk menghaluskannya. Dengan menggunakan cobek maka rasanya juga akan berbeda dan bumbunya juga lebih terasa.

Namun jika ingin serba praktis maka bisa memilih menggunakan food proseor/blender untuk menghaluskannya.

4. Tuang minyak, goreng bumbu balado yang sudah dihaluskan

Langkah berikutnya yaitu dengan menuang minyak kedalam wajan untuk menggoreng bumbu balado yang sudah dihaluskan tadi. Jika minyak sudah panas, maka bumbu balado tersebut dimasukan kedalam wajan. Goreng bumbu balado tersebut sampai kita mencium aroma yang wangi.

Setelah bumbu mengeluarkan aroma wangi, maka kita bisa memasukkan tambahan gula dan garam sesuai selera kita.

5. Taruh telur ke dalam wajan, goreng hingga bumbu meresap

Selanjutnya taruh telur yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan, masak hingga bumbu balado tadi meresap kedalam telur.

Tanda-tanda bumbu sudah meresap adalah, telurnya berwarna agak kemerahan dan bumbunya sudah agak berkurang jika dibandingkan dengan yang sebelumnya dimasukan telur. Warnanya juga sudah berubah matang.

Jika sudah demikian, maka kita bisa matikan kompor dan telur balado anti ribet sudah siap untuk disajikan. Mudah sekalikan membuatnya?

Jadi kunci utama dalam membuat telur balado ini yaitu cita rasa dalam siraman sambalnya. Biasanya makin dominan pedas rasa sambalnya maka akan semakin lezat pula telur balado ini.

Namun bagi kamu yag tidak menyukai pedas maka bisa di sesuaikan saja dengan menggunakan bumbu rempah-rempah yang lain.

Atau jika ingin tidak pedas maka kamu bisa mengurangi ataupun mengganti salah satu bumbunya, misalnya dengan mengganti cabe rawit menjadi cabai merah yang bijinya sudah dibuang terlebih dahulu.

Dalam membuat telur balado tersebut bisa juga kita tambahkan bahan yang lainnya seperti teri, kentang atau bagi yang suka pete, bisa ditambahkan kedalam telur balado ini.

Nah resep telur balado ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif jika kamu bosan dengan menu telur yang itu-itu saja. Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

Resep Telur Balado Anti Ribet
Scroll to top