Categories
Wisata

Tempat Wisata Alam di Jepara Terpopuler yang Tak Boleh Lupa Dikunjungi

Pulau Jawa memang memiliki keindahan alam yang begitu memukau. Banyak diantara keindahan ala mini yang masih begitu murni dan alami sehingga menjadi tempat kunjungan wisata. Tentunya tak heran bila pulau Jawa ini memiliki keindahan alam yang memukau karena memang memiliki lokasi geografis yang begitu strategis. Nah, salah satu wilayah di Pulau Jawa yang menyimpan keindahan alam memukau yang sering dijuluki “Surganya Dunia” adalah Jepara. Bila mengunjungi daerah ini Anda tak boleh melewatkan tempat-tempat wisata alamnnya yang menawarkan sejuta keindahan menarik. Pasalnya memang Jepara dikelilingi  oleh gugusan dari kepulauan Karimunjawa dan juga dibentengi oleh sebuah gunung yang sangatlah terkenal, apalagi kalau bukan Gunung Muria.

Di Jepara ini ini tidak hanya wisata alammnya yang terkenal tetapi juga wisata edukasi, wisata kuline, sampai wisata sejarah yang bikin para wisatawan betah berada di daerah tersebut. Rasanya tidak akan cukup bila hanya sehari berada di Jepara untuk menikmati setiap sajian keindahan yang dimiliki. Anda yang mau mengetahui informasi yang jauh lebih lengkap soal Jepara beserta keindahan tempat wisatanya, silahkan langsung kunjungi blog bernama Liputan Times. Adapun memang yang paling terkenal soal Jepara ini memang wisata alamnnya, baik wisata bahari serba air ataupun non bahari yang disuguhkan. Oleh karena itulah silahkan simak daftar dari tempat wisata tersebut agar mendapatkan suguhan tempat wisata terbaik yang tak akan bikin menyesal sudah mengunjunginya.

Daftar Tempat Wisata Alam Bahari di Jepara Terpopuler

Dengan lokasi geografis yang strategis dari Jepara ini tidak mengherankan bila daerah ini memiliki banyak wisata bahari yang memukau mulai dari pantai, air terjun sampai danau. Tentunya Anda bisa berenang ataupun menikmati air yang ada di wisata bahari tersebut. Jangan lupa siapkan baju ganti ya apalagi bila mau main air di tempat wisata  tersebut. Tentunya tempat wisata bahari ini akan disuguhkan pula dengan lokasi alam yang memukau yang bikin makin betah ada di Jepara untuk waktu yang lama. Adapun untuk daftar tempat wisata alam bahari di Jepara yang tak boleh lupa dikunjungi adalah sebagai berikut:

  1. Kepulauan Karimun Jawa

Yang pertama yang pastinya sudah dikenal oleh banyak orang karena kepopuerannya yang luar biasa adalah Kepulauan Karimun Jawa. Bisa dibilang salah satu tempat wisata terpopulernya Jepara ya Karimun Jawa. Disini Anda akan mendapatkan pemadangan luar biasa  dari hamparan pasir putih pantai, air laut yang begitu jernih sampai  terdapatnya berbagai jenis terumbu karang yang mencapai 90 jenisnya. Tak ayal bagi para pecinta renang, snorkeling sampai diving akan begitu dimanjakan di Karimun Jawa ini. Tak hanya bisa menikmati keindahan laut dan biota laut yang ada di tempat ini saja tetapi Anda juga akan menikmati wisata lainnya seperti penangkaran hiu, hutan mangrove dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bila di Kepulauan Karimun Jawa ini memiliki 27 pulau kecil yang jaraknya saling berdekatan. Dari banyaknya pulau yang ada, hanya ada 5 pulau yang dihuni dan sisanya tidak berpenghuni.

  1. Pantai Bandengan

Berikutnya, wisata bahari yang tak boleh dilewatkan di Jepara ini adalah Pantai Bandengan. Pantai ini dikenal pula dengan nama lain sebagai pantai Tirta Samudra. Pantai Bandengan memiliki pasir dengan warna putih dan air yang begitu jernuh. Tentunya disekitarnya dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas pendukung wisata. Anda pun bisa berenang, menikmati aktraksi permainan sir seperti banana boat di pantai yang satu ini. Pantai ini sangatlah popular di Jepara dan setiap harinya selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan. Untuk harga tiket masuk ke Pantai Bandengan ini hanya sebesar 7000 rupiah saja. Tentunya harganya terjangkau sehingga tak akan memberatkan Anda sekalian yang mau menikmati wisata di Pantai Bandengan ini.

  1. Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah tempat wisata alam di Jepara yang juga tak boleh Anda sampai lewatkan. Pulau yang satu ini masih alami dan sepi sehingga cocok bagi yang mau bersantai sejenak. Arus air di sekitar pantai ini sangatlah jernih dan menariknya dipenuhi dengan terumbu karang yang masih terjaga. Arus dalam pulau ini pun juga tidak berbahaya alias dangkal sehingga bagi yang mau menikmati wisata bahari seperti berenang, snorkeling, diving dan berbagai aktivitas air lainnya pasti akan begitu menyenangkan. Nikmati keindahan air jernih, udara bersih pasir putih dan pemandangan alam yang menakjubkan. Salah satu momen terbaik disini adalah pemandangan dari matahri terbenamnya.  Anda bisa loh berkemah di pulau ini.

  1. Air Terjun Songgolangit

Wisata alam bahari atau tirta di Jepara yang akan berikan Anda kepuasan liburan selanjutnya adalah Air Terjun Songgolangit. Air terjun yang satu ini sangatlah tinggi dimana ketinggiannya mencapai 80 meter dengan lebarnya sekitar 2 meter. Anda akan disuguhkan dengan adanya banyak pemandangan kupu-kupu indah di lokasi ini. Di Air terjun Songgolangit ini Anda hanya boleh bermain air di pinggirannya saja karena untuk berenang langsung dibawah air terjun ini dilarang.

  1. Air Terjun Jurang Nganten

Selanjutnya masih ada wisata alam bahari berupa air terjun di Jepara yang harus dikunjungi yakni Air Terjun Jurang Nganten. Menariknya air terjun ini masih belum dikelola oleh masyarakat sekitar. Hal ini membuktikan bila air terjun ini masih sangatlah alami dan asli. Cocok bagi Anda yang mau menenangkan pikiran dan mencari hiburan alam yang tenang. Debit air di Air Terjun Juragan Manten ini tidaklah deras makanya Anda bisa sepuasnya main air ataupun mandi didalamnya. Anda yang mau beramin di Air Terjun Juragan Manten ini harus hati-hati ya karena bebaduan disekitarnya sangatlah licin. Yang harus diwaspadai pula adalah jalur untuk menunju air terjun ini yang terbilang agar sulit. Namun medan yang sulit ini akan terbayarkan dengan indahnya air  terjun tersebut.

  1. Pantai Kartini

Pada Pantai Kartini ini Anda tak akan bisa menikmati wisata bahari saja tetapi juga wisata edukasi. Adapun Pantai Kartini ini yang jadi wahana andalan  daya tarik utamanya adalah terdapatnya Kura-Kura Ocean Park. Kura-Kura Ocean Park ini merupakan sebuah akuarium raksasa yang didalamnya ada terdapat banyak penyu maupun kura-kura. Tak heran bila Pantai Kartini masuk dalam daftar wisata alam yang harus Anda kunjungi di Jepara ini.  Di Pantai Kartini Jepara ini Anda juga bisa bermain berbagai wahana air yang seru lo, seperti menyewa perahu, bermain banana boat dan lain sebagainya.

Daftar Tempat Wisata Alam Non Bahari Di Jepara Terpopuler

Anda ingin cari tempat wisata alam di Jepara yang tidak berhubungan dengan air atau non bahari atau non tirta? Tentunya juga tersedia banyak. Pasalnya Jepara tidak hanya punya wisata bahari alam yang memukau saja. Berbagai tempat wisata alam terpopuler di Jepara yang non air ini adalah sebagai berikut:

  1. Hutan Wisata Wono Sreni Indah

Perlu Anda ketahui bila Jepara ini punya hutan yang menawarkan pemandangan menakjubkan sekaligus udara yang masih sangatlah segar. Hutan tersebut bernama Hutan Wisata Wono Sreni Indah.  Hutan yang satu ini berada di kaki Gunung Muria. Makanya  Anda yang mau berwisata sekaligus berkemah disini pun tak jadi masalah. Hutan Wisata Wono Sreni Indah Jepara ini memiliki banyak pohon pinus yang mengelilingi kawasan hutan tersebut. Di kawasan ini Anda bisa menikmati kebun, persawahan, perbukitan sampai sungai. Tentunya disini Anda mampu menghasilkan foto-foto instagramable tema alam yang memukau. Apalagi disediakan spot foto khusus yang juga unik.

  1. Candi Bubrah

Selanjutnya ada Candi Bubrah di Jepara. Candi ini merupakan salah satu candi misterius sekaligus unik yang ada di Indonesia. Pasalnya Candi Bubrah ini tidak diketau kapan didirikannya dan dari mana asal muasalnya. Bentuk dari candi ini sebenarnya masih sangatlah abstrak dan tidak bisa dijelaskan. Pasalnya bangunannya belum jadi atau masih setengah jadi yang terlihat seperti bebatuan yang tertumpuk. Hal inilah yang membuat nama candi tersebut jadi Candi Bubrah. Par apeneliti memperkirakan keberadaan Candi Bubrah ini lebih lama dan lebih tua dibandingkan Candi Borobudur. Dalam area Candi ini terbagi jadi dua area. Ada satu candi yang untuh disini yakni Candi Angin. Dengan keunikan dari Candi Bubrah ini, tentunya Anda bisa mendapatkan keindahan yang berbeda dari wisata alam lainnya. Apalagi bisa sekaligus berwisata sejarah.

  1. Hutan Pinus Setro Batelit

Hutan Pinus Setro Betalit merupakan sebuah kawan hutan lindung yang bisa dijadikan loaksi wisata pula. Hutan ini dipenuhi oleh banyak sekali pohon pinus seperti Hutan Wisata Wono Sreni Indah.  Tak hanya keindahan hutan semata yang bisa Anda nikmati tetapi juga ada beberapa spot air terjun yang super menarik.  Pohon-pohon pinus diHutan Pinus Stro Batelit ini hampir sleuruhnay ditutupi oleh lumuut sehingga batangnya akan berawarna hijau. Anda yang mau menikmati keindahan temapt wisata alam Jepara yang satu ini harus berusaha keras karena memang jalanannya tegrolong sulit.

  1. Pertapaan Ratu Kalinyamat

Perlu Anda ketahui bila Jepara juga terkenal lo dengan wisata alamnya yang punya cerita mistis tersendiri dengan dilengkapi mitos tertentu. Salah satunya yang paling terkenal adalah Pertapaan Ratu Kalinyamat. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang masih sangalah alami dan juga asri. Tak hanya itu pula, dilengkapi sebuah sungai kecil yang warna airnya masih begitu bening dan juga jernih. Pengunjung dari Pertapaan Ratu Kalinyamat ini paling banyak di hari Jumat. Pasalnya banyak pengunjungnya yang mau berziarah dan berdoa di sekitar lokasi pertapaan tersebut. Anda yang datang didalamnya juga bisa mengambil beberapa foto menarik.

  1. Akar Seribu Plajan

Terakhir ada Akar Seribu Plajan yang merupakan tempat wisata alam murah meriah di Jepara yang sangatlah popular.  Disini terdapat sebuah tanaman pohon karet super atau raksasa. Akar dari phon tersebut menjalar ke berbagai tempat. Pohon karet super ini sudah ada sejak 1931 atau berumur 86 tahun. Akar-akarnya ini menjalar seperti hutan akar.  Disekitaran dari pohon ini ada tebing cowok Macan dan juga Tebing Kepodang. Anda bisa menikmati sajian pemandangan yang sangatlah indah serta asri.