Apakah kamu pernah melihat bunga matahari? Tentunya pasti diantara kamu ada yang pernah melihat secara langsung kecantikan dari bunga yang berdiameter besar ini. Apalagi dengan warnya yang kuning membuat banyak orang langsung jatuh hati mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun menyukainya. Ada yang suka karena bentuk dan warnanya yang cantik dan ada juga yang suka dengan wanginya. Tapi yang pasti, bunga apapun tentu memiliki cara tersendiri dalam menarik perhatian dari para peminatnya. Meskipun begitu, banyak orang belum melihat bunga ini secara langsung karena keberadaannya yang memang tidak sebanyak bunga mawar dan melati.

Arti dan Filosofi Bunga Matahari

Bunga matahari biasanya bergerak dengan mengikuti arah matahari karena itu dinamakan sebagai bunga matahari. Bentuk bunganya pun mekar mirip dengan sang mentari saat tengah bersinar. Coba kamu perhatikan di pagi hari, bunga ini akan menghadap ke timur dimana matahari terbit. Lalu, bunga ini akan terus mengikuti pergerakan dari sang matahari sampai ke arah barat dimana matahari akan terbenam. Karena sifat inilah membuat bunga matahari diartikan sebagai lambang kesetiaan. Bunga matahari pun memiliki arti atau simbol kepatuhan yang tidak pernah protes ataupun membangkang. Bunga ini jadi simbol kegembiraan, kebahagiaan dan keceritaan. Arti bunga ini didapatkan dari kelopak bunganya yang warnanya kuning cerah. Jadi, jika kamu ingin mengungkapkan perasaan cinta, maka bunga matahari tidak bisa digunakan sebagai media untuk mempresentasikan perasaan itu. Karena bunga matahari tidak memberikan kesan romantis seperti halnya pada bunga mawar. Dan bunga ini lebih tepat jika mewakili sebuah hubungan persahabatan. Dan bunga matahari juga kuat serta tidak mudah rapuh sehingga bunga ini juga sering disimbolkan untuk sifat yang tegar.a

Manfaat Bunga Matahari

Selain memiliki arti yang mendalam, bunga matahari juga kaya akan manfaat. Dimana manfaat pertama yang dimiliki oleh bunga ini adalah dari minyak yang ada pada biji bunganya. Jadi bunga matahari ini dibudidayakan untuk diambil minyaknya. Bunga matahari dengan jenis ini biasanya memiliki biji dengan cangkang tipis. Tapi di dalam kandungan minyaknya lumayan tinggi sampai 52 persen. Karena itu, bunga matahari kerap dijadikan sebagai penghasil minyak. Selain itu, bunga matahari juga biasanya diambil daunnya yang akan digunakan untuk menjadi pupuk ataupun pakan. Ini dikarenakan bunga matahari memiliki ukuran bunga yang kecil. Jika kamu ingin mencari tanaman hias yang indah dan mempesona, bunga matahari bisa menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan bunga matahari memiliki mahkota yang berwarna menarik dan bentuknya pun cukup besar. Oleh karena itu, bunga matahari biasanya dimanfaatkan untuk tanaman hias. Bunga ini memiliki variasi bunganya serta di setiap cabang biasanya ada bunganya.

Tidak sampai disitu saja, manfaat bunga matahari dalam dunia medis pun juga ada. Jadi bunga matahari dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Batang bunganya memiliki sifat antiperik yang bisa digunakan untuk menangkal flu. Dan bunganya pun memiliki sifat diuretik dimana sifat ini bisa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih maupun penyakit batu ginjal. Dan pada biji bunga matahari juga banyak manfaatnya. Dimana biji yang biasanya dijadikan sebagai makanan kuaci ini bermanfaat untuk obat migrain dan penenang. Jadi banyak sekali manfaat pada bunga matahari yang cantik ini. Jika kamu ingin membeli bunga matahari, kamu bisa membelinya di Florist Makassar.

Arti Bunga Matahari Beserta Manfaatnya
Scroll to top