Kamu mengalami pegal karena nyeri otot setelah melakukan latihan di gym, atau melakukan aktivitas seperti berjalan kaki, memanjat, bersepeda. Jangan abaikan rasa sakit ini! Ada beberapa strategi cara menghilangkan pegal karena nyeri otot yang efektif yang dapat Kamu lakukan di rumah. Mari mempelajari cara menghilangkan pegal karena nyeri otot secara ilmiah melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu Nyeri Otot?

Nyeri otot atau disebut juga dengan mialgia adalah suatu kondisi di mana kelompok otot di tubuh menegang atau berkontraksi sehingga menimbulkan gejala pegal dan nyeri. Karenanya, otot termasuk ligamen, tendon, dan jaringan lunak yang menghubungkan otot, tulang, dan organ dan terletak hampir di mana saja di tubuh. Oleh karena itu, Kamu dapat mengalami nyeri otot di mana saja seperti nyeri otot leher, nyeri otot bahu, nyeri otot tungkai. Bahkan nyeri tersebut dapat terjadi pada waktu yang bersamaan.

Penyebab Nyeri Otot

Ada banyak penyebab mialgia, di antaranya 3 kelompok berikut ini secara khusus:

Nyeri Otot Akibat Aktivitas Fisik

Pegal nyeri otot setelah olah raga, olah raga atau saat melakukan pekerjaan rumah merupakan hal yang sangat normal terutama bila:

Kamu baru saja aktif setelah beberapa saat tidak aktif atau melakukan aktivitas yang lebih berat dari biasanya, seperti lari maraton saat Kamu biasanya hanya berjalan dalam jarak dekat.

Tingkatkan tingkat dan intensitas kebugaran Kamu secara tiba-tiba atau tingkatkan durasi latihan atau olahraga.

Lakukan latihan peregangan baru seperti berjalan menuruni bukit atau mengangkat beban.

Perubahan kebiasaan olah raga dan olah raga dapat menyebabkan kerusakan pada serat otot dan jaringan ikat. Oleh karena itu, biasanya setelah sekitar 1 hari latihan Kamu akan mulai merasakan nyeri.

Jangan terlalu khawatir, nyeri otot akan mereda setiap hari dan saat otot terbiasa dengan intensitas latihan ini akan menjadi lebih kuat. Pada saat itu, Kamu tidak akan merasakan pegal dan nyeri otot sebanyak yang Kamu rasakan pada awalnya.

Nyeri Otot Karena Patologi

Tidak hanya aktivitas fisik, pegal dan nyeri juga bisa menjadi gejala penyerta dari beberapa penyakit seperti gangguan autoimun seperti lupus, dermatitis, polymyalgia. Setiap mengalami tanda dan gejala pegal dan nyeri otot, sebaiknya berobat ke fasilitas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan.

Efek Samping Beberapa Obat

Beberapa obat seperti statin, ACE inhibitor atau kokain dapat menyebabkan nyeri otot dan kelelahan selama penggunaan. Oleh karena itu, sebelum diresepkan obat apa pun, tanyakan kepada dokter Kamu tentang efek sampingnya agar tidak mempengaruhi pekerjaan dan kehidupan sehari-hari Anda.

9 Cara Menghilangkan Pegal dan Nyeri Otot di Rumah

Istirahat

Cara paling efektif dan sederhana untuk menghilangkan pegal dan nyeri otot yaitu dengan beristirahat di rumah. Kebanyakan orang dengan nyeri otot dan nyeri setelah berolahraga pulih dalam 5–7 hari. Beberapa kegiatan sederhana untuk membantu memulihkan secara positif harus dilakukan selama periode ini seperti: pijat/akupuntur, bersantai di kolam renang, berendam di air panas dan lainnya.

Gunakan Kompres Dingin

Mengobati peradangan dengan es cukup umum. Ini paling efektif bila Kamu melakukannya tepat setelah peradangan mulai.

Menggunakan kompres dingin ini sangat efektif untuk mengatasi pegal dan nyeri otot dalam kurun waktu 48 jam setelah berolahraga, kamu bisa melakukan pijatan lembut selama 20 menit dan lakukan kompres dingin beberapa kali dalam sehari. Cara ini jika kurang efektif kamu bisa menggantinya dengan kompres hangat.

Regangkan Otot Kamu dengan Lembut

Dalam beberapa penelitan menyatakan bahwa melakukan peregangan atau pelemasan otot tidaklah efektif untuk menghilangkan pegal atau nyeri otot pada seorang atlet.

Namun, banyak orang menemukan bahwa peregangan lembut membantu mereka pulih dengan cepat, dan tidak ada bukti bahwa peregangan memiliki efek negatif atau berkontribusi pada lebih banyak nyeri otot.

Cobalah peregangan lembut untuk meredakan nyeri otot dan tidak semakin merusak otot Anda.

Makan Makanan yang Anti Inflamasi

Ada beberapa penelitan menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan dalam menghilangkan pegal dan nyeri otot.

Misalnya, menurut penelitian yang dilakukan pada 2013, 2017, semangka mengandung asam amino bernama L-citrulline yang memiliki kemampuan untuk memulihkan detak jantung dan meredakan nyeri otot.

Kurkumin adalah senyawa yang ditemukan dalam kunyit dengan antioksidan tinggi dan efek antiinflamasi yang kuat. Dengan kandungan kurkumin ini telah terbukti dapat membantu meredakan seseorang yang terkena (DOMS)  atau dikenal dengan nyeri pada nyeri otot onset tertunda dan dapat juga mempercepat pemulihan pegal-pegal setelah berolahraga.

Beberapa makanan antiinflamasi lainnya yang dapat menghilangkan pegal dan nyeri otot adalah:

  • Jahe
  • Nanas
  • Buah Ceri

Suplemen Protein Susu

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa melengkapi dengan protein susu pekat mampu mengurangi nyeri otot dan meningkatkan kekuatan otot selama cedera akibat olahraga.

Konsentrat protein susu adalah produk susu kental yang mengandung 40–90% protein dalam susu. Ini biasanya digunakan dalam makanan atau minuman yang diperkaya protein. Kamu juga dapat membeli protein susu kental dalam bentuk bubuk di pemasok produk perawatan kesehatan.

Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Berendam dalam bak mandi air hangat dengan garam Epsom menambah kelegaan dua kali lebih banyak dari nyeri otot dan pembengkakan. Panas dan kelembapan dari bak mandi juga membantu sistem peredaran darah menjadi lebih baik.

Kurangi Rasa Sakit dengan Akupunktur

Pengobatan tradisional Tiongkok telah menemukan cara untuk menghilangkan rasa sakit dengan menyeimbangkan jalur energi alami dalam tubuh. Aliran energi ini disebut qi. Ahli akupunktur akan menggunakan jarum kecil dan tipis untuk menusuk kulit di titik-titik akupunktur yang berhubungan dengan sumber nyeri.

Akupunktur mengurangi rasa sakit dengan menyebabkan tubuh melepaskan serotonin, neurotransmitter yang meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi rasa sakit. Karena itu jika kamu butuh jasa pijat panggilan bisa menghubungi jasa pijat online di https://www.jasamassage.com/.

Gunakan Roller Busa

Ini adalah alat untuk membantu Kamu memijat diri sendiri. Studi telah menemukan roller busa untuk mengurangi nyeri otot yang menunda permulaan. Ini juga membantu dalam kelelahan otot dan membuat Kamu lebih fleksibel.

Rol busa ini dapat dengan mudah dibeli dari toko peralatan olahraga. Letakkan saja di lantai dan perlahan-lahan putar tubuh Kamu ke atasnya. Jika Kamu tidak tahu cara menggunakannya, cari tutorial video online atau tanyakan pada ahlinya.

Gunakan Beberapa Obat yang Dijual Bebas di Apotik

Untuk meredakan nyeri di rumah, Kamu bisa menggunakan pereda nyeri dan obat anti inflamasi yang mengandung Paracetamol, Ibuprofen. Hapacol yang menyakitkan dengan bahan utama Paracetamol dan Ibuprofen membantu mengurangi peradangan dan nyeri otot dengan sangat efektif. Oleh karena itu, produk ini memiliki efek analgesik dan antiinflamasi pada kasus nyeri otot dan sendi akibat cedera, rematik, neuritis seperti nyeri punggung, lengkungan leher, keseleo, ketegangan otot yang berlebihan, patah tulang, dislokasi, dan nyeri pasca operasi.

Tips Untuk Meredakan Pegal dan Nyeri Otot

Nyeri otot memperlambat ritme hidup Kamu dengan mengganggu aktivitas sehari-harimu. Ada beberapa cara untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, seperti:

Jangan Menyalahgunakan Otot atau Berolahraga Terlalu Banyak

Orang yang sehat mungkin mengalami nyeri pada otot lengannya setelah melakukan gerakan normal seperti:

  • Angkat Berat
  • Bermain golf
  • Melempar bola
  • Angkat benda berat tinggi-tinggi

Karena jenis cedera ini biasanya berkembang perlahan seiring waktu, maka sulit untuk dicegah. Pada saat yang sama, pemulihan akan lambat jika Kamu terus mencoba menggunakan otot lengan untuk melakukan gerakan.

Oleh karena itu, pada tahap ini yang perlu Kamu lakukan adalah membiarkan otot Kamu banyak istirahat untuk sementara, terutama membatasi aktivitas yang membutuhkan banyak energi.

Perawatan di rumah Membantu Pulih dengan Cepat

Cedera bisep bisa terasa sakit, tapi tidak terlalu serius untuk Kamu periksakan ke dokter segera.

Mirip dengan nyeri sendi, untuk nyeri otot di lengan, Kamu dapat menggunakan obat pereda nyeri cepat dari kelompok obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen atau naproxen untuk meredakan situasi saat ini. Selain itu, 3 tips berikut ini juga akan membantu Kamu dengan cepat menghilangkan nyeri otot:

Gunakan kompres dingin: api kecil akan membantu menenangkan area yang bengkak. Namun, Kamu tidak boleh menyalahgunakan tindakan ini. Letakkan kompres dingin (atau kain bersih yang dibungkus dengan es) hanya di area yang bengkak selama 20 menit.

Konsumsi parasetamol : selain ibuprofen dan naproxen, parasetamol juga memiliki efek serupa dalam meredakan nyeri pada otot lengan . Namun, pereda nyeri dapat memengaruhi perut, jadi Kamu tidak boleh terlalu bergantung padanya.

Relaksasi lengan: Salah satu cara terbaik untuk meredakan nyeri bisep adalah dengan mengendurkan lengan yang terkena sebanyak mungkin.

Periksa ke Dokter

Selain tindakan yang disebutkan di atas, Kamu perlu pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan segera jika kamu :

Rasa sesak di dada dan sesak nafas: apalagi bila disertai 2 tanda ini adalah nyeri berdenyut pada bisep, mual, muntah dan keringat berlebih

  • Tidak bisa menggerakkan lengannya
  • Intensitas nyeri menjadi parah
  • Melemahnya kekuatan di lengan
  • Suhu tubuh tinggi atau gejala infeksi lainnya
  • Nyeri otot tangan jarang menyebabkan kerusakan permanen.

Oleh karena itu, biasanya pembedahan tidak diperlukan. Sebaliknya, dokter Kamu akan meminta Kamu untuk melakukan terapi fisik.

Pekerjaan yang paling sulit bukanlah perawatan tetapi pemulihan dari cedera.

Pada titik ini, istirahat sangatlah penting. Jika Kamu masih terlalu fokus pada aktivitas sehari-hari, pemulihan bisa berlangsung lama dan meningkatkan angka kekambuhan cedera.

Bagaimana Cara Mencegah Pegal dan Nyeri Otot

  • Merawat tubuh Kamu dan mengatur latihan adalah cara terbaik untuk mencegah nyeri otot setelah berolahraga di masa depan, serta membantu olahraga untuk mendapatkan manfaat maksimal. Bersiaplah untuk melakukan pemanasan dengan baik untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan lakukan langkah-langkah untuk menurunkan suhu tubuh Kamu secara bertahap setelah berolahraga.
  • Pelajari tentang latihan atau olahraga yang tepat dan rencanakan rencana keakraban dengan intensitas rendah hingga tinggi untuk mengurangi nyeri otot dan mengurangi risiko cedera.
  • Asupan kafein dalam jumlah sedang dapat mengurangi nyeri otot pasca latihan hingga hampir 50%, jadi biasakan minum secangkir kopi sebelum memulai olahraga. Selain itu, Kamu perlu mengisi kembali air yang cukup untuk tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan nyeri dan nyeri otot.
  • Terakhir, jika nyeri otot menetap selama lebih dari 1 minggu setelah berolahraga, terus berulang, atau Kamu merasa sangat lelah, sulit bernapas, atau pusing, temui dokter Kamu untuk pemeriksaan dan pengobatan.

Di atas adalah cara menghilangkan pegal dan nyeri di rumah yang sederhana. Ketahuilah bahwa nyeri otot dapat disebabkan oleh berbagai macam, dari normal hingga tanda-tanda masalah medis yang serius. Jadi jika sudah menerapkan cara-cara di atas tetapi rasa sakitnya tidak kunjung sembuh setelah 1 minggu, sebaiknya pergi ke fasilitas medis untuk memeriksakan diri.

Cara Menghilangkan Pegal Karena Nyeri Otot
Scroll to top