Cara ternak jangkrik bukanlah perkara yang sulit. Bahkan dengan modal seadanya pun Anda sudah bisa melakukannya. Meskipun demikian, tetap saja ada strateginya. Tujuannya agar budidaya jangkrik yang Anda lakukan bisa meraup keuntungan maksimal.

Budidaya jangkrik pada dasarnya sudah ada sejak dahulu. Semakin ke sini bisnis budidaya jangkrik pun semakin diminati. Apalagi ternak jangkrik termasuk bisnis modal kecil. Namun keuntungan yang diberikan bisa sangat besar.

Apalagi semakin ke sini kebutuhan akan jangkrik ini pun semakin besar. Terlebih lagi untuk kebutuhan pakan hewan seperti reptil, ikan, burung, dan lain sebagainya. Jangkrik pun sering kali dijadikan sebagai campuran dalam pembuatan obat.

Memilih Indukan Jangkrik Berkualitas

Induk jangkrik terbaik adalah yang berasal dari alam bebas. Jangkrik yang ditangkap dari alam bebas di klaim lebih memiliki ketahanan tubuh lebih baik. Namun ini jika memungkinkan. Jika Anda kesulitan, Anda bisa membelinya saja.

Sebenarnya ada ciri-ciri tertentu jangkrik yang bagus dijadikan indukan. Nah, ciri-ciri tersebut diantaranya seperti:

  1. Jangkrik memiliki antena atau sungut yang panjang. Memiliki anggota badan lengkap. Badannya berwarna mengkilap. Gesit dan bisa lompatannya jauh.
  2. Jangan memilih jangkrik yang ketika dipegang mengeluarkan cairan (bisa melalui mulut atau dubur) untuk dijadikan indukan.
  3. Khusus untuk indukan betina, pilihlah yang memiliki ovipositor yang ada di bagian ekornya.
  4. Khusus untuk indukan jantan, pilihlah jangkrik yang keras derikannya. Kemudian pilih yang permukaan punggung atau sayapnya kasar dan bergelombang.

Mengawinkan Induk Jangkrik

Proses perkawinan pada jangkrik ini berjalan natural. Artinya proses perkawinannya secara alami atau tidak ada campur tangan manusia. Kemudian pada saat jangkrik sudah siap kawin, sebenarnya ada tanda-tandanya.

Tanda pada Jangkrik Jantan

Jangkrik jantan yang siap kawin umumnya akan mengerik dengan keras. Tujuannya adalah agar supaya jangkrik betina tertarik.

Tanda pada Jangkrik Betina

Jangkrik betina yang tertarik dengan salah satu jangkrik jantan, secara otomatis akan langsung di dekati oleh jangkrik jantan. Setelah itu perlahan jangkrik jantan akan merayap ke bagian bawah jangkrik betina.

Proses Perkawinan pada Jangkrik

Sebelumnya siapkan terlebih dahulu tempat jangkrik betina bertelur. Untuk tempatnya sendiri bisa menggunakan nampan yang berisi pasir. Cara ini dipilih untuk memudahkan Anda pada saat proses penetasan telur jangkrik nanti.

Setelah jangkrik jantan berada di bawah jangkrik betina, maka proses perkawinan akan terjadi. Secara posisi jangkrik jantan berada di bawah jangkrik betina. Setelah itu jangkrik jantan akan mengeluarkan kantong kecil berwarna putih yang berisi sperma.

Setelah proses perkawinan selesai, umumnya tidak butuh waktu lama jangkrik betina akan mengeluarkan telur. Setelah semua telur berhasil dikeluarkan, secara otomatis jangkrik betina akan mati. Ingat, ini adalah hal alamiah yang pasti dialami oleh jangkrik betina setelah bertelur.

Menetaskan Telur Jangkrik

Telur jangkrik yang tidak bisa ditetaskan umumnya akan mengapung jika ditaruh di atas air. Sementara itu, untuk menetaskan telur-telur jangkrik tadi, berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan:

Langkah Pertama: Keluarkan nampan yang berisi pasir. Setelah itu angkat lalu masukkan ke dalam baskom yang sudah diisi air. Kemudian aduk sampai merata. Nanti pasti akan tenggelam dan telur yang tidak bisa ditetaskan akan mengapung.

Langkah Kedua: Diamkan pasir di dalam baskom tadi selama empat hari. Barulah kemudian angkat lalu masukkan ke dalam karung. Setelah itu diamkan kembali selama tiga hari.

Langkah Ketiga: Setelah Anda diamkan lagi selama tiga hari, keluarkan lalu ayak. Secara otomatis telur jangkrik akan terlihat. Ambil lalu letakkan di wadah yang sudah Anda siapkan.

Ternyata budidaya jangkrik tidak ribet dan mudah dipraktikkan. Sebenarnya budidaya hewan apapun jenisnya mudah dilakukan. Apalagi informasi sudah tersedia sangat lengkap. Misalnya seperti yang ada di https://zonaternak.com/. Website yang khusus mengupas cara ternak hewan yang cocok untuk bisnis. Termasuk cara ternak jangkrik.

Cara Ternak Jangkrik Cepat Untung dan Mudah Dipraktikkan
Scroll to top