Walaupun jarang tetapi banyak ibu hamil yang terkena Herpes Zoster ketika hamil. Herpes yang satu ini penyebabnya adalah virus varicella zoster yang merupakan virus penyebab dari cacar air. Ketika Anda sudah pernah terkena cacar air, resiko akan kena cacar ini lagi akan kecil tetapi yang perlu diketahui, virusnya bisa aktif kembali. Ketika virus Varicella zoster ini aktif kembali, ia akan kembali dalam bentuk Herpes Zoster.

Berikut ini adalah berbagai hal-hal penting seputar Herpes Zoster yang teradi pada ibu Hamil yang Harus Anda ketahui:

  1. Gejala Herpes Zoster

Para ibu hamil harus segera sadar bila mengalami Herpes Zoster ini sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Gejala umum yang biasanya terjadi adalah munculnya ruam merah yang nyeri. Sebelum ruam ini muncul biasanya ada sensasi geli ataupun panas di bagian munculnya ruam. Kemunculan paling umum ada di perut atau dada.

  1. Penularan Herpes Zoster

Ibu hamil yang mengalami Herpes Zoster ini bisa menularkan ke orang lain yang belum pernah terkena cacar air. Bentuk penularannya adalah cacar air.  Bayi dalam kandungan akan terlindungi dari Herpes Zoster ini karena kekebalan tubuh si ubu yang akan melindungi.

  1. Pengobatan

Pengobatan yang paling tepat untuk ibu hamil yang mengalami Herpes Zoster adalah konsultasi ke  dokter agar mendapatkan obat antivirus yang aman dikonsumsi selama hamil. Selain itu lokasi Herpes Zoster ini harus selalu bersih dan kering sehingga menggunakan baju longgar yang tak menempel di kulit akan  disarankan.

Hal-Hal yang Harus Diketahui Soal Herpes Zoster Pada Ibu Hamil
Scroll to top