Secara administratif, Gunung Salak terletak di Kabupaten Bogor dan Sukabumi dengan ketinggian 2.211 mdpl. Sebagai gunung yang banyak menyimpan cerita mistisnya, Gunung Salak tetap menjadi salah satu tujuan para pendaki untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Meskipun tidak terlalu tinggi, gunung ini memiki rute yang cukup terjal dan juga perlu hati-hati di sepanjang jalur.

Jalur Pendakian Gunung Salak Via Cimelati

Untuk menuju puncak Salak via Cimelati, meskipun cukup pendek, nyatanya dibutuhkan kurang lebih 8 jam waktu pendakian. Hal ini karena jalurnya yang banyak jurang yang curam dan dalam sehingga Anda harus lebih berhati-hati.

  1. Akomodasi

Untuk menuju Cimelati, dari Bogor carilah transportasi menuju arah Sukabumi, kemudian turun di terminal Cicurug. Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Cimelati di Desa Kutajaya dengan menyewa mobil ataupun ojek yang hanya ada di pagi hari.

Rute via Cimelati ini meskipun paling pendek, tetapi sumber air sangat sedikit. Untuk itu, Anda disarankan membawa air bersih dari bawah.

  1. Jalur Pendakian

Sesampainya di Desa Kutajaya, jalur yang dilalui dengan jalan kaki karena merupakan trek ladang dan kebun warga. Jalur via Cimelati ini memiliki banyak percabangan. Untuk mencegah agar tidak tersasar disarankan untuk memulai pendakian saat masih terang dengan menyusuri punggungan gunung.

Di jalur ini, Anda akan disuguhi segarnya air terjun yang indah dan pemandangan alam khas dataran tinggi.

Menyusuri Jalur Pendakian Gunung Salak Via Cimelati
Scroll to top