Simple past tense merupakan salah satu dari 16 tenses yang ada pada tata bahasa Inggris. Jika ingin menyatakan ekspresi tentang sesuatu yang telah terjadi di masa lampau dan telah selesai, Anda dapat menggunakan simple past tense.

Sebagai penanda bahwa pola kalimat yang digunakan merupakan simple past tense adalah penggunaan kata kerja bentuk kedua (Verb 2).

Kata kerja bentuk kedua ada dua macam, yaitu beraturan dan tidak beraturan. Untuk yang beraturan amat mudah mengenalinya, yaitu dengan menambahkan huruf d/ed, sedangkan kata kerja tidak beraturan tidak ada yang dapat ditandai. Jadi, harus dihafalkan.

Selain adanya bentuk yang khas dari penggunaan kata kerja bentuk kedua ini, ciri lainnya adalah penggunaan keterangan waktu yang menyatakan masa yang sudah lampau.

Table of Contents

Contoh Penggunaan Simple Past Tense

Untuk menggunakan simple past tense, terlebih dahulu Anda harus mengetahui bagaimana rumus pembentukan kalimatnya. Bentuk kalimat dibagi menjadi tiga, yaitu positif, negatif, dan kalimat tanya.

Rumus pembentuk kalimat positif yaitu:

[+] Subject + Verb 2+ Object

[+] Subject + Verb 2 + to + Verb + Object

Contoh kalimatnya adalah:

[+] Diana joined the English club at school this morning.

[+] He forgot to lock the window.

Selain kalimat positif, ada juga kalimat negatif yang dapat dibentuk dengan menggunakan simple past tense ini. Berikut rumus pembentuk kalimat negatif pada simple past tense.

[-] Subject + did + not + Verb 1

[-] Subject + did not + Verb 1 + to + Verb + Object

Contoh kalimatnya adalah:

[-] Diana did not join the English club at school this morning

[-] He did not forget to lock the window.

Bentuk kalimat yang terakhir adalah yang mengekspresikan atau menyatakan konfirmasi atau pertanyaan. Rumus pembentukan kalimat tanya pada simple past tense yaitu:

[?] Did + Subject + Verb 1

Contoh kalimatnya adalah:

[?] Did Diana join the English club at school this morning?

[?] Did he forget to lock the window?

Trik Mudah Memahami Simple Past Tense

Belajar simple past tense pada dasarnya mudah karena kalimat yang dibentuk sederhana dan dapat dikenali dengan mudah. Yang sering menjadi kendala adalah penggunaan kata kerja tidak beraturan karena Anda harus menghafalnya di luar kepala.

Jika Anda lemah dalam hal menghafal, latihan setiap hari adalah kunci agar Anda bisa memahami penggunaan tense ini secara tepat.

  • Menyatakan Hal yang Telah Selesai

Penggunaan simple past tense tidak hanya tentang hari kemarin atau jauh sebelum hari kemarin. Namun, kejadian-kejadian yang telah selesai hari ini atau bahkan satu jam yang lalu dapat dinyatakan dengan menggunakan simple past tense ini.

Yang terpenting adalah kejadiannya sudah selesai. Jadi, keterangan waktu yang digunakan tidak hanya yesterday ataupun last month saja, this morning juga dapat digunakan.

  • Memahami Perubahan Bentuk Kata Kerja

Bentuk kata kerja yang dipakai pada pola kalimat simple past tense adalah bentuk kedua. Sayangnya, bentuk kedua ini memiliki dua tipe kata kerja. Untuk dapat menggunakannya dengan tepat, satu-satunya jalan adalah dengan menghafalnya.

Bentuk kata kerja sendiri ada tiga perubahan, yaitu satu, dua dan tiga. Untuk bentuk dua dan tiga umumnya ada kemiripan dibandingkan bentuk kesatu.

  • Memahami Perbedaan Kata Kerja

Kata kerja dalam bahasa Inggris ada dua macam, yaitu kata kerja beraturan yang disebut dengan regular verb dan kata kerja yang tidak beraturan atau yang disebut dengan irregular verb.

Untuk mengenali regular verb sangat mudah karena perubahan dari Verb 1 ke Verb 2 dan Verb 3 hanya perlu menambahkan “d/ed”. Sedangkan irregular verb tidak dapat ditambahkan “d/ed” karena bentuknya berubah. Untuk itu, kata kerja tersebut harus dihafal.

Jika ingin cepat menguasai berbagai tense dalam bahasa Inggris, termasuk simple past tense, Anda bisa belajar secara online bersama inggrism. Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Trik Mudah Memahami Simple Past Tense
Scroll to top