Saat ini penggunaan motor matic di Indonesia memanglah melimpah. Sebab, banyak ditemui di jalan berbagai pengendara yang menggunakan motor matic karena dirasa lebih praktis. Namun, banyak orang yang hanya bisa mengendarainya saja tanpa tahu cara merawatnya yang benar. Untuk itu, kali ini akan diulas cara merawat motor matic agar tetep awet.

Table of Contents

Tips Perawatan Motor Matic agar Tetap Awet

  1. Merawat Aki

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat motor jenis matic adalah aki. Pada dasarnya tak mudah untuk mengetahui kondisi aku yang ada di dalam motor matic. Sehingga banyak pengguna yang pastinya pernah mengalami mati aki. Apabila hal tersebut terjadi, tentunya akan membuat power pada motor menjadi menghilang.

Tak hanya itu saja, cahaya yang ada pada lampu pun akan sedikit berkurang. Dan hal lain yang tak kalah membuat jengkel adalah ketika anda menghidupkan motor haruslah menggunakan kick starter. Tentunya hal ini sangat tidak praktis dan membutuhkan tenaga. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti aki dalam waktu 7 hingga 8 bulan sekali.

  1. Mengecek Kondisi Roler dan Vanbelt

Hal lain yang perlu anda perhatikan dalam cara merawat motor matic adalah mengecek bagaimana kondisi dari vanbelt dan roler. Hal ini dikarenakan poin ini merupakan salah satu yang penting. Sebab vanbelt terbuat dari bahan karet, sehingga dikhawatirkan apabila tidak dilakukan pengecekan akan bisa berhenti di tengah jalan.

Selain itu, anda juga perlu untuk mengganti vanbelt tersebut secara berkala. Hal ini bertujuan agar nantinya motor matic menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Apabila anda ingin menggantinya, pastikan untuk menggunakan suku cadang yang original. Dengan begitu, motor pun akan tetap mempertahankan performanya.

  1. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Ketika anda memiliki motor matic, usahakan agar anda jangan sampai kehabisan bensin. Hal ini dikarenakan salah satu kebiasaan buruk yang kerap kali terjadi adalah motor sampai kehabisan bensin. Apabila hal ini kerap kali terjadi, tentunya akan mampu merusak mesin dari motor tersebut.

Terlebih lagi ketika anda menggunakan motor matic injeksi, jangan sampai anda kehabisan bentuk. Oleh karena itu, usahakan agar bensin tidak sampai berada di indikator E. Anda pun  bisa melihatnya pada speedometer. Untuk itu, usahakan agar anda bisa mengisi bahan bakar secara full agar bensin tidak mati sewaktu waktu ketika anda menggunakannya.

  1. Ganti Oli Secara Rutin

Hal lain yang perlu anda perhatikan untuk menjaga agar motor matic tetap awet adalah mengganti oli secara berkala. Hal ini termasuk salah satu perawatan motor matic yang paling penting. Anda pun bisa melakukan penjadwalan untuk mengganti oli, setiap 1000 km yang telah anda gunakan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mengganti oli setiap 2 hingga 3 bulan sekali untuk mencegah agar motor matic tidak cepat rusak. Selain itu, anda pun juga perlu menggunakan oli yang memang sesuai dengan spesifikasi dan jenis motor matic yang anda miliki agar performanya tetap maksimal.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat motor. Perawatan secara mandiri tentunya tidak susah. Hal ini bertujuan agar bisa menjaga supaya motor matic tetap awet. Jika anda masih belum mengetahui secara pasti perawatannya, tak ada salahnya untuk mengambil kursus mekanik motor. Dengan begitu, anda nantinya akan lebih ahli dalam menangani masalah yang terjadi pada motor

Tidak Hanya Ganti Oli Secara Berkala, Berikut 5 Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet
Scroll to top